Harga Tiket Pesawat Naik, Inflasi di Sulsel pada Bulan April 2023 Capai 0,20 Persen

- 6 Mei 2023, 22:59 WIB
Ilustrasi inflasi. Tingginya harga tiket pesawat membuat inflasi di Sulsel pada Bulan April 2023 Capai 0,20 Persen
Ilustrasi inflasi. Tingginya harga tiket pesawat membuat inflasi di Sulsel pada Bulan April 2023 Capai 0,20 Persen /Freepik

JURNAL SINJAI – Provinsi Sulawesi Selatan pada April 2023 mengalami inflasi sebesar 0,20 persen (mtm). Angka tersebut lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 0,75 persen (mtm).

Sementara secara tahunan inflasi gabungan 5 kota IHK di Sulsel itu tercatat sebesar 4,81 persen (yoy), lebih rendah dari tahun sebelumnya sebesar 5,86 persen (yoy).

Sementara itu Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulsel Causa Iman Karana mengatakan inflasi di Sulsel dipicu oleh kenaikan harga kelompok transportasi khususnya angkutan udara. Hal ini seiring peningkatan permintaan pada momentum Idulfitri dan libur panjang.

Baca Juga: Selama Periode Ramadan dan Idulfitri, Konsumsi Pertalite di Sulawesi Naik 2,1 Persen, LPG 5,38 Persen

"Inflasi terjadi pada aktivitas liburan ini karena di angkutan udara meningkat kemudian emas. Kalau di tahun ini kita targetkan inflasi di bawah 3 plus mines 1 persen," jelasnya.

Selain angkutan udara, berlanjutnya kenaikan harga beras turut berpengaruh terhadap tingginya inflasi di Bulan April 2023.

"Kalau beras andil 0,06 persen terhadap inflasi. Ini jadi perhatian kita di TPID jadi pembahasan insentif untuk menjaga harganya tidak terlalu bergejolak, secara produksi cukup tapi banyak beras dibawa keluar," tuturnya.

Halaman:

Editor: Wahyu S


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x