Pelni dan Kemenhub Siapkan Program Mudik Gratis Libur Natal dan Tahun Baru, Ada 26 Rute dan 500 Kuota per Rute

- 9 Desember 2023, 17:01 WIB
Ilustrasi. Pelni dan Kemenhub Siapkan Program Mudik Gratis Libur Natal dan Tahun Baru
Ilustrasi. Pelni dan Kemenhub Siapkan Program Mudik Gratis Libur Natal dan Tahun Baru /ANTARA/HO-Humas PELNI/

JURNAL SINJAI - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menggelar program mudik gratis pada periode Angkutan Laut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Direktur Usaha Angkutan Penumpang Pelni Nuraini Dessy mengatakan, rencananya kuota mudik gratis per rute sebanyak 500 orang. Namun, ada persyaratan khusus yang harus dipenuhi, yaitu menunjukkan surat keterangan tidak mampu dari instansi setempat.

"Jadi, untuk menyaringnya jangan sampai yang naik gratis ini orang mampu, jadi persyaratan khususnya dari Kementerian Perhubungan syarat tidak mampu dari instansi atau desa setempat," ujar Dessy.

Baca Juga: Harga Pangan Diprediksi Naik Hingga 75 Persen Jelang Nataru

Waktu pelaksanaan mudik gratis disesuaikan dengan jadwal perjalanan kapal di setiap rute tersebut.

"Menyesuaikan dengan trayek kapal kita, di antara waktu peak season ini," ujar Dessy.

Adapun beberapa ruas yang rencananya bakal dibiayai oleh Kemenhub, di antaranya Batam-Belawan, Belawan-Batam, Baubau-Makassar, Makassar-Baubau, Makassar-Sorong, Batam-Tanjung Priok, Surabaya-Makassar, Jayapura-Biak, Balikpapan-Parepare, Sorong-Ambon, Manokwari-Sorong, Parepare-Tarakan, dan Parepare-Balikpapan.

Meski begitu, Dessy bilang bahwa akan ada rapat lanjutan dengan Kemenhub apakah ruas-ruas tersebut sudah final atau ada penambahan maupun pengurangan.

"Kami ada rapat lanjutan lagi dengan Kementerian Perhubungan apakah secara fix-nya ruas-ruas tersebut apakah ada penambahan lagi atau pengurangan ruas-ruas yang tadi sudah disebutkan," ungkap Dessy.

Halaman:

Editor: Wahyu S

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x