Harga Pangan Diprediksi Naik Hingga 75 Persen Jelang Nataru

- 9 Desember 2023, 13:34 WIB
Ilustrasi. Harga Pangan Diprediksi Naik Hingga 75 Persen Jelang Nataru
Ilustrasi. Harga Pangan Diprediksi Naik Hingga 75 Persen Jelang Nataru /Pikiran Rakyat/Tati Purnawati/

JURNAL SINJAI - Menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), harga pangan diprediksi meningkat hingga 75 persen.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI), Abdullah Mansuri mengatakan bahwa kenaikan harga pangan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Pertama, produksi yang kurang. Pasokan beberapa komoditas pangan diprediksi akan kurang memenuhi permintaan yang meningkat pada periode tersebut.

Baca Juga: Simak Tips Membedakan Uang Palsu dan Uang Asli

Kedua, meningkatnya permintaan. Permintaan terhadap komoditas pangan akan meningkat tajam pada tiga hari hingga seminggu sebelum Natal dan baru berakhir setelah Tahun Baru.

Ketiga, tingginya biaya produksi. Biaya produksi pangan, seperti biaya pupuk dan transportasi, diperkirakan akan meningkat menjelang akhir tahun.

Kenaikan harga pangan menjelang Nataru tentu akan menjadi beban tersendiri bagi masyarakat, terutama bagi mereka yang berpenghasilan rendah. Hal ini dapat berdampak pada menurunnya daya beli masyarakat dan meningkatnya angka kemiskinan.

Berdasarkan data dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) per tanggal 8 Desember 2023 menunjukkan bahwa harga beberapa komoditas pangan nasional sudah cukup tinggi.

Baca Juga: Masuki Tahun Politik, BI Sulsel Imbau Masyarakat Waspadai Peredaran Uang Palsu

Halaman:

Editor: Wahyu S

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x