Kenaikan Gaji ASN dan Gelaran Pemilu Diprediksi Dorong Ekonomi Indonesia Tumbuh jadi yang Tertinggi di Dunia

- 12 Desember 2023, 10:23 WIB
Ilustrasi. Kenaikan gaji ASN diproyeksi dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia.
Ilustrasi. Kenaikan gaji ASN diproyeksi dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia. /Felix Tendeken/

JURNAL SINJAI - Bank Indonesia (BI) Sulsel mencatat prospek perekonomian domestik pada 2024-2025 tetap terjaga di tengah semakin tingginya ketidakpastian global.

Kepala BI Sulsel, Causa Iman Karana mengatakan, ekonomi Indonesia diproyeksi cukup tinggi mencapai 4,7 persen - 5,5 persen pada 2024 dan 4,8 persen - 5,6 persen pada 2025. Menjadi salah satu yang tertinggi di dunia.

"Konsumsi dan investasi akan meningkat didukung kenaikan gaji ASN, Pemilu, infrastruktur di IKN. Selain ekspor, didukung pula oleh hilirisasi," ujar Causa Iman Karana, Senin, 11 Desember 2023.

Baca Juga: BI Paparkan Karakteristik Ketidakpastian Ekonomi Global

Lebih jauh, ia mengatakan, di tengah risiko pelemahan ekonomi global, kinerja perekonomian Sulsel hingga triwulan III 2023 tetap terjaga dengan rata-rata sebesar 4,78% (yoy).

"Hal ini menunjukkan ketahanan ekonomi Sulawesi Selatan yang tetap baik dalam meminimalkan dampak negatif rambatan global," ungkapnya.

Pak CIK sapaannya memproyeksikan, ekonomi Sulsel triwulan IV 2023 diprakirakan tumbuh lebih kuat dipengaruhi oleh HBKN Nataru yang mendorong peningkatan konsumsi dan mobilitas masyarakat, terlebih menjelang pemilu serentak awal 2024.

"Secara keseluruhan tahun 2023, perekonomian Sulsel diprakirakan tumbuh pada rentang 4,5 persen - 5,0 persen, melambat seiring gejolak ekonomi global yang berdampak pada perlambatan ekspor, serta berlangsungnya fenomena El Nino di penghujung tahun," jelasnya.

Baca Juga: Harga Pangan Diprediksi Naik Hingga 75 Persen Jelang Nataru

Halaman:

Editor: Wahyu S


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x