CEDS Unpad: Tingkat Persaingan Usaha di Indonesia pada Tahun 2023 Naik

- 16 Januari 2024, 08:58 WIB
Tingkat Persaingan Usaha di Indonesia pada Tahun 2023 Naik
Tingkat Persaingan Usaha di Indonesia pada Tahun 2023 Naik /KPPU

JURNAL SINJAI - Tingkat persaingan usaha di Indonesia pada tahun 2023 mengalami peningkatan. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan Center Economics and Development Studies (CEDS) Universitas Padjadjaran (UNPAD).

Peningkatan ditunjukkan dari Indeks Persaingan Usaha (IPU) Indonesia tahun lalu yang mengalami peningkatan sebesar 0,04 dari tahun sebelumnya menjadi angka 4,91. Di tahun 2022, IPU mencapai 4,87.

Prof. Maman Setiawan dari CEDS UNPAD mengatakan, berdasarkan angka tersebut, tingkat persaingan usaha di Indonesia berada di level sedikit tinggi.

Baca Juga: Perkuat Perlindungan Konsumen dan Masyarakat, OJK Terbitkan Aturan Baru, Ada 11 Poin Penting

"Peningkatan ini menggambarkan kondisi iklim persaingan usaha di Indonesia dan kinerja daya saing persaingan yang sedikit meningkat, meski di tengah kondisi ekonomi global saat ini," ujar Prof. Maman dalam keterangannya.

Selama beberapa tahun terakhir, CEDS melakukan pengukuran IPU Indonesia dengan berbagai dimensi berupa structure-conduct-performance (SCP), dimensi regulasi, dimensi penawaran, dimensi permintaan, dan dimensi kelembagaan.

Indeks tersebut diukur melalui survei terhadap 34 (tiga puluh empat) provinsi dan 15 (lima belas) sektor ekonomi dengan responden yang mewakili berbagai institusi pemangku kepentingan seperti Kamar Dagang dan Industri, akademisi, Bank Indonesia, dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi. Setiap dimensi memiliki indikator-indikator terkait untuk menjelaskan masing-masing dimensi tersebut.

Pengukuran ini didapatkan melalui penggunaan beberapa konsep seperti SCP (dynamic), contestable market hypotesis, quite-life hypotesis, efficient-structure hypotesis, dan new empirical industrial organization (NEIO) yang dilakukan di tiap provinsi untuk melihat ekonomi per daerah.

Baca Juga: 10 Jenis Mobil Paling Laku Selama 2023: Honda Brio di Atas Dominasi Merek Toyota

Halaman:

Editor: Wahyu S

Sumber: KPPU


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x