Kabupaten Wajo Punya Calon Jemaah Haji Lansia Paling Banyak di Sulsel

- 27 April 2024, 16:05 WIB
Kabupaten Wajo menjadi daerah dengan CJH lansia paling banyak di Sulsel tahun ini
Kabupaten Wajo menjadi daerah dengan CJH lansia paling banyak di Sulsel tahun ini /Pexels.com/@Muhammad Khawar Nazir

JURNAL SINJAI - Kabupaten Wajo punya calon jemaah haji (CJH) lanjut usia (lansia) paling banyak di Sulsel. Total ada 74 orang lansia.

Musim haji tahun ini, Kabupaten Wajo akan mengirim 474 CJH ke Tanah Suci Mekkah. 74 orang di antaranya lansia. Adapun yang paling tua berusia 96 tahun.

Kepala Bidang Penerangan Agama Islam dan perdayaaan Zakat dan Wakaf (Penaiszawa) Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulsel H Abdul Gaffar mengingatkan 474 CJH bahwa ibadah haji merupakan ibadah yang membutuhkan kesabaran. Mulai saat pemberangkatan maupun saat berada di tanah suci hingga kembali ke tanah air.

Baca Juga: 239 Calon Jemaah Haji Kabupaten Sinjai Berangkat Mulai 14 Mei

“Melaksanakan ibadah haji itu menguji kesabaran kita, antri misalnya. Ini butuh kesabatan karena begitu banyaknya jemaah yang harus dilayani secara bersamaan. Olehnya itu belajarki sabar dan ikhlas mulai dari sekarang,” ucap Abdul Gaffar.

Ia kemudian megimbau kepada jemaah untuk saling membantu dan memperhatikan para jemaah lansia.

“Saling bantuki, apalagi Wajo memiliki jemaah lansia terbanyak di Sulsel tahun ini yaitu 74 jemaah dengan usia jemaah tertua 96 tahun,” ungkapnya, dikutip dari website Kemenag RI.

Baca Juga: Perkenalkan! Calon Jemaah Haji Termuda Bone, Masih 19 Tahun

Berdasarkan data Siskohat Bidang PHU Kanwil Kemenag Sulsel, musim haji tahun ini Sulsel akan memberangkatkan 364 jemaah lansia dari 8.133 jumlah total kuota yang diberikan. Di mana Wajo memiliki jemaah haji lansia terbanyak yaitu 74 orang, disusul Bone 59 orang dan Jeneponto 36 orang.

Halaman:

Editor: Sri Astuti

Sumber: sulsel.kemenag.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x