Warga Takalar Terinfeksi Omicron, Dinkes Sulsel Lakukan Pelacakan, Tekan Penularan Lebih Luas

- 22 Januari 2022, 21:41 WIB
Warga Takalar Terinfeksi Omicron
Warga Takalar Terinfeksi Omicron /freepik.com/freepik

JURNAL SINJAI – Seorang warga asal Kabupaten Takalar tertular Covid-19 varian Omicron. Berdasarkan informasi yang diperoleh, yang bersangkutan terjangkit virus tersebut setelah pulang dari Maluku.

Pasien ini merupakan pekerja di perusahaan ikan, Dobo, Kepulauan Aru, Maluku, pada Oktober 2021. Setelah pulang, lalu mengalami sakit-sakitan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Arman Bausat mengatakan pasien yang bersangkutan telah ditindaklanjuti.

Baca Juga: Ada Indikasi Kartel, KPPU Minta Regulasi yang Hambat Pelaku Usaha Baru di Industri Minyak Goreng Dicabut

"Pasien bersangkutan sudah dijemput serta diisolasi di RSUD Takalar. Pasien ini dicurigai pernah kontak erat dengan penderita. Kasus ini yang pertama ada di Sulsel," tutur Arman seperti dikutip Jurnalsinjai.com dari ANTARA, Sabtu, 22 Januari 2022.

"Saat pulang, ia selalu sakit-sakitan dan sempat beberapa kali berobat di Puskesmas Bontomarannu. Tapi kini sudah dirawat di RSUD Takalar. Pasien juga terdiagnosis mengidap TB Paru dan HIV," ungkap Arman.

Sampel usap juga telah diambil kepada beberapa keluarga dekat pasien untuk diperiksa di laboratorium sebagai upaya pelacakan guna menekan penularan lebih luas.

Arman mengungkapkan, penemuan kasus baru tersebut berdasarkan laporan dari PHEOC dan Litbangkes Jakarta yang mengatakan bahwa adanya temuan satu kasus varian Omicron berasal dari Kabupaten Takalar, pada 20 Januari 2021.

Baca Juga: Tekan Penyebaran Kasus Varian Omicron, Pemerintah Bakal Perketat Syarat Perjalanan Luar Negeri untuk Wisata

Halaman:

Editor: Wahyu S

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x