Polisi Berhasil Ringkus Pelaku Sindikat Curanmor Lintas Daerah di Sulsel, Tiga Pelaku Diamankan

- 5 November 2022, 18:43 WIB
Tiga pelaku mempraktekkan pencurian kendaraan bermotor kepada petugas usai di tangkap di Bantaeng, di halaman kantor Polrestabes Makassar, Sulawesi Selatan
Tiga pelaku mempraktekkan pencurian kendaraan bermotor kepada petugas usai di tangkap di Bantaeng, di halaman kantor Polrestabes Makassar, Sulawesi Selatan /ANTARA/Darwin Fatir

JURNAL SINJAI - Tiga pelaku terduga sindikat Curanmor Lintas Daerah di Provinsi Sulawesi Selatan berhasil dibekuk Tim Satuan Unit Jatanras Polrestabes Makassar.

"Dua pelaku ini sebagai eksekutor, dan satu pelaku lainnya penadah barang. Penadahnya ditangkap di Kabupaten Bantaeng setelah tim berkoordinasi dengan Polres setempat," ujar Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, AKBP Reonald Simanjuntak, Sabtu, 5 November 2022.

Pihak kepolisian mengungkapkan, modus pelaku awalnya memantau perumahan atau lingkungan warga. Selanjutnya memperhatikan kondisi lalu masuk ke dalam rumah membawa lari kabur motor korban.

Baca Juga: Cara Cek Peneriman Bantuan STB Dari Kominfo, Cukup Pakai NIK

Usai mengambil motor, para pelaku membawanya ke penadahnya ke luar daerah kemudian mempreteli kendaraan agar tidak dikenali pemiliknya untuk dijual murah.

Setidaknya ada empat barang bukti motor curian berhasil diamankan di Polrestabes Makassar. Sedangkan di rumah penadah berinisal J saat penangkapan di Kabupaten Banteng ditemukan dua unit.

Berdasarkan keterangan pelaku, dua unit motor tersebut dicuri rekannya berinisial TA dan S di wilayah Kecamatan Biringkanaya Makassar dan satu lainnya di wilayah Kabupaten Maros, Sulsel.

Baca Juga: Mau Dapat STB TV Digital Gratis dari Kominfo? Begini Caranya

"Penyidik akan terus mengembang kasus ini, karena ada dugaan jaringan sindikat lintas daerah. Para pelaku untuk eksekutor kita kenalan pasal 363 KUHP terkait pencurian disertai pemberatan. Dan penadahnya dikenakan pasal 480 KUHP," kata Reonald.

Editor: Wahyudi

Sumber: Antara News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x