Utang Indonesia Turun Lagi di Kuartal I 2023, Kini Sebesar USD 402,8 Miliar

- 20 Mei 2023, 09:18 WIB
Ilustrasi. Utang Indonesia Turun Lagi di Kuartal I 2023
Ilustrasi. Utang Indonesia Turun Lagi di Kuartal I 2023 /bi.go.id/

JURNAL SINJAI – Utang luar negeri (ULN) Indonesia pada kuartal I 2023 kembali mengalami penurunan sebesar 1,9 persen (year on year/yoy), setelah pada kuartal sebelumnya juga turun 4,1 persen (yoy). Kini utang Indonesia tercatat sebesar USD 402,8 miliar.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Erwin Haryono menyatakan kontraksi pertumbuhan ini bersumber dari ULN sektor publik (pemerintah dan bank sentral) dan swasta.

Erwin bilang perkembangan posisi ULN pada kuartal I-2023 juga dipengaruhi oleh faktor perubahan akibat pelemahan mata uang dolar AS terhadap mayoritas mata uang global, termasuk rupiah.

Baca Juga: Hindari Kerugian Pada Masyarakat dan Iklim Usaha, Pemerintah Diminta Keluarkan Regulasi Terkait Rafaksi

"ULN Indonesia kuartal I-2023 tetap terkendali, tercermin dari rasio ULN Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) yang tetap stabil di kisaran 30,1 persen," ujar Erwin seperti dikutip dari laman resmi Bank Indonesia.

Erwin menjelaskan struktur ULN Indonesia tetap sehat, ditunjukkan oleh ULN Indonesia yang tetap didominasi oleh ULN berjangka panjang, dengan pangsa mencapai 87,6 persen dari total ULN.

Ia merincikan posisi ULN pemerintah pada kuartal-I 2023 tercatat sebesar USD 194 miliar, atau secara tahunan mengalami kontraksi 1,1 persen (yoy), lebih rendah dibandingkan dengan kontraksi pada kuartal sebelumnya 6,8 persen (yoy).

Halaman:

Editor: Wahyu S

Sumber: bi.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x