Dorong Upaya Pengurangan Emisi Karbon, Presiden Jokowi Resmikan Bursa Karbon Indonesia

- 27 September 2023, 08:18 WIB
Presiden Jokowi meresmikan Bursa Karbon Indonesia
Presiden Jokowi meresmikan Bursa Karbon Indonesia /Foto: Dok. OJK

JURNAL SINJAI – Bursa Karbon Indonesia secara resmi diluncurkan Presiden Joko Widodo yang diselenggarakan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Selasa, 26 September 2023.

Izin usaha Penyelenggara Bursa Karbon telah diberikan kepada BEI oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui Surat Keputusan nomor KEP-77/D.04/2023 pada 18 September 2023 lalu.

Presiden Jokowi menyampaikan Bursa Karbon Indonesia merupakan kontribusi nyata Indonesia untuk berjuang bersama dunia melawan krisis akibat perubahan iklim karena hasil perdagangan karbon akan direinvestasikan pada upaya menjaga lingkungan khususnya pengurangan emisi karbon.

Baca Juga: Siap-siap! Jalan Tol Ujung Pandang Seksi 1, 2 dan 3 Berlakukan Penyesuaian Tarif Mulai 29 September 2023

“Terimakasih kepada OJK, BEI dan semua yang terkait atas peluncuran Bursa Karbon pertama di Indonesia ini,” kata Presiden Jokowi, kemarin.

Dengan potensi karbon yang besar, Presiden optimistis Indonesia bisa menjadi poros karbon dunia dengan tetap konsisten membangun dan menjaga ekosistem karbon di dalam negeri.

Sementara itu, Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar mengatakan pendirian Bursa Karbon Indonesia merupakan momentum bersejarah Indonesia dalam mendukung upaya Pemerintah mengejar target untuk menurunkan emisi gas rumah kaca (GRK) sesuai ratifikasi Paris Agreement.

“Bursa karbon Indonesia akan menjadi salah satu bursa karbon besar dan terpenting di dunia karena volume maupun keragaman unit karbon yang diperdagangankan dan kontribusinya kepada pengurangan emisi karbon nasional maupun dunia. Hari ini kita memulai sejarah dan awal era baru itu,” kata Mahendra.

Baca Juga: OJK Panggil AdaKami Klarifikasi Terkait Nasabah Pinjol yang Bunuh Diri, Perintahkan Investigasi yang Mendalam

Halaman:

Editor: Wahyu S

Sumber: OJK


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah