OJK Panggil AdaKami Klarifikasi Terkait Nasabah Pinjol yang Bunuh Diri, Perintahkan Investigasi yang Mendalam

- 23 September 2023, 10:26 WIB
Ilustrasi Pinjol. OJK Panggil AdaKami Klarifikasi Terkait Nasabah Pinjol yang Bunuh Diri
Ilustrasi Pinjol. OJK Panggil AdaKami Klarifikasi Terkait Nasabah Pinjol yang Bunuh Diri /Freepic/

JURNAL SINJAI - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan pemanggilan terhadap manajemen PT Pembiayaan Digital Indonesia atau AdaKami terkait adanya dugaan korban bunuh diri dan penagihan pinjaman tidak sesuai ketentuan yang dilakukan.

Kepala Departemen Literasi, Inklusi Keuangan dan Komunikasi, Aman Santosa mengatakan pemanggilan dilakukan untuk meminta klarifikasi dan konfirmasi berita yang beredar di media sosial dan media massa mengenai adanya dugaan korban bunuh diri, teror penagihan, dan tingginya bunga atau biaya pinjaman.

Dari pemanggilan tersebut, kata AMan, diketahui bahwa pihak AdaKami telah melakukan investigasi awal untuk mencari debitur berinisial “K” yang marak diberitakan, namun belum menemukan debitur yang sesuai dengan informasi yang beredar.

"AdaKami juga menyampaikan bahwa telah memeriksa pengaduan-pengaduan mengenai petugas penagihan (debt collector) yang menggunakan pesanan makanan atau barang fiktif untuk meneror peminjam, namun belum menemukan bukti lengkap," ujar AMan dalam keterangannya, Sabtu, 23 September 2023.

"Sementara mengenai bunga pinjaman yang dilaporkan terlalu tinggi, AdaKami menyampaikan bahwa rincian bunga dan biaya-biaya yang dikenakan telah dinformasikan kepada konsumen sebelum konsumen menyetujui pembiayaan," sambungnya.

Baca Juga: OJK Rilis Daftar Pinjol Legal Agustus 2023, Cek di Sini

Berdasarkan keterangan tersebut, Aman mengatakan OJK mengambil sejumlah tindakan untuk melakukan investigasi terkait hal tersebut.

Pertama, mengenai informasi korban bunuh diri, OJK memerintahkan agar AdaKami segera melakukan investigasi secara mendalam untuk memastikan kebenaran berita adanya korban bunuh diri yang viral.

Halaman:

Editor: Wahyu S


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x