Pilkades Serentak di Sinjai Diikuti 63 Bakal Calon, Desa Pattongko Terbanyak dengan 18 Orang

- 5 Januari 2023, 17:18 WIB
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sinjai Dr. Yuhadi Samad
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sinjai Dr. Yuhadi Samad /Tangkap layar/sinjaikab.go.id

JURNAL SINJAI – Sebanyak 63 bakal calon (balon) kepala desa telah melalui tahapan pendaftaran Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak gelombang ke-2 di Kabupaten Sinjai.

Para balon tersebut berasal dari 13 desa yang akan melaksanakan Pilkades Serentak. Dari jumlah tersebut 56 orang adalah laki-laki, sisanya tujuh orang perempuan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sinjai Dr. Yuhadi Samad mengatakan hingga masa pendaftaran berakhir pada tanggal 30 Desember 2022 lalu, ada sembilan orang yang berstatus sebagai incumbent.

Baca Juga: Atlet Sinjai Peraih Medali di Porprov Terima Bonus Tambahan

Selain itu, dari Ketua/anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) ada empat orang, perangkat desa lima orang, PNS tiga orang, TNI dua orang dan profesi lain-lain sebanyak 40 orang.

“Untuk saat ini berlangsung penelitian dan verifikasi berkas-berkas para bakal calon Kepala Desa selama 14 hari atau dari tanggal 31 Desember 2022 hingga 12 Januari 2023 oleh PPKD Desa dan setelah itu ditetapkan menjadi calon Kepala Desa,” kata Yuhadi Samad, Kamis, 5 Januari 2023.

Ia menuturkan, dari 13 desa yang mengikuti pilkades serentak, ada tiga desa yang memiliki bakal calon lebih dari lima orang, masing-masing Desa Pattongko sebanyak 18 orang, Desa Samaturue tujuh orang dan Desa Bonto Katute juga sebanyak tujuh orang.

“Berdasarkan aturan yang ada, penetapan calon Kepala Desa minimal dua orang dan maksimal lima orang sehingga untuk tiga desa ini jika semuanya lolos persyaratan administrasi maka akan dilakukan seleksi tambahan,” bebernya.

Baca Juga: Kronologi Pembunuhan Perempuan di Sinjai, Korban Dianiaya Menggunakan Parang Hingga Meninggal

Halaman:

Editor: Wahyu S

Sumber: sinjaikab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x