Cuaca Ekstrem Ancam Indonesia, 12 Daerah Berstatus Siaga dan Waspada

- 15 Maret 2024, 11:13 WIB
Ilustrasi. Cuaca Ekstrem Ancam Indonesia, 12 Daerah Berstatus Siaga dan Waspada
Ilustrasi. Cuaca Ekstrem Ancam Indonesia, 12 Daerah Berstatus Siaga dan Waspada /DB /Freepik

JURNAL SINJAI – Hujan lebat disertai petir dan angin kencang siap menyapa sebagian besar wilayah Indonesia. BMKG pun mengeluarkan peringatan dini untuk 12 daerah yang berstatus siaga dan waspada.

Jawa Tengah, Banten, Nusa Tenggara Timur, dan Kalimantan Tengah harus bersiap siaga menghadapi cuaca ekstrem. Sementara Lampung, Jawa Barat, D.I Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Maluku, dan Papua diimbau untuk waspada.

Denpasar, Jakarta Pusat, Jambi, Bandung, Semarang, dan Ambon juga perlu waspada terhadap potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Baca Juga: Rusia Mengecam Tindakan Islamofobia: Bentuk Rasisme yang Tidak Dapat Diterima

Selanjutnya BMKG memprediksi potensi hujan disertai petir terjadi di Bandar Lampung, Bengkulu, pada pagi-siang hari.

Kemudian kota lainnya, seperti Serang Banten, Yogyakarta, Gorontalo, Semarang, Surabaya diprediksi berawan pada pagi dan malam hari.

Sementara untuk wilayah DKI Jakarta sebagian besar hujan ringan pada pagi, dan pada siang hari hujan disertai petir dengan kelembaban 80-90 persen, mayoritas berawan pada malam hari dengan suhu 24-30 derajat celcius.

Bibit Siklon Tropis 91S, 94S, dan 93P menjadi dalang di balik cuaca ekstrem ini. Ketiganya bercokol di sekitar Samudera Hindia selatan Jawa, Laut Timor, dan Laut Australia, dan siap memberikan pengaruhnya pada wilayah Indonesia bagian selatan.

Baca Juga: Balap Liar Marak di Bulan Puasa, Polsek Sinjai Barat Gelar Razia dan Amankan 5 Motor

Halaman:

Editor: Wahyu S

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x