Sudah 2 Tahun Penerimaan Pajak di Sulsel, Sulbar dan Sultra Lebih dari 100 Persen

- 31 Januari 2024, 12:24 WIB
Penerimaan pajak di Sulselbartra 2 tahun terakhir selalu tembus 100 persen
Penerimaan pajak di Sulselbartra 2 tahun terakhir selalu tembus 100 persen /Freepik.com/Freepik

JURNAL SINJAI - Penerimaan pajak di Sulsel, Sulbar, dan Sultra (Sulselbartra) selama 2022 dan 2023 berhasil melampaui target 100 persen. Bagi Kanwil DJP Sulselbartra, ini adalah sejarah baru.

Pada 2023, DJP Sulselbartra mencatat penerimaan pajak sebesar Rp18,9 triliun dengan realisasi mencapai 104,23 persen. Naik 3,40 persen dibanding tahun lalu yang hanya Rp18,2 triliun.

Kepala Bidang P2Humas DJP Sulselbartra Sunarko mengatakan, torehan realisasi pajak 2023 ini merupakan ranking capaian Nasional ke-9 dari 34 kantor wilayah seluruh Indonesia. 

Baca Juga: KPU RI Umumkan Daftar Caleh Dapil 3 DPRD Toraja Utara, Berikut Nama dan Nomor Urutnya

"Capaian ini menjadi sejarah kedua yang berhasil ditorehkan Kanwil DJP Sulselbartra. Sebelumnya pada 2022 telah berhasil menorehkan prestasi realisasi penerimaan pajak 124,67 persen yang merupakan capaian 100 persen untuk pertama kali sejak tahun 2014," kata Sunarko dalam rilis resminya, Selasa 30 Januari.

DJP Sulselbartra menilai, penerapan perilaku wajib pajak sesuai dengan treatment mampu mendorong kepatuhan penyampaian SPT Tahunan. Mampu mendorong hasil yang positif pada aktivitas perluasan basis pemajakan. 

Treatment yang dilakukan yaitu pelayanan untuk wajib pajak patuh, pengawasan bagi wajib pajak yang perlu edukasi, kemudian penagihan dan pemeriksaan untuk wajib pajak dengan indikasi tidak patuh. 

Baca Juga: Manado dan Kupang Masuk Daftar 10 Kota dengan Toleransi Tertinggi di Indonesia, Kota Lainnya?

Terakhir, treatment penegakan hukum untuk wajib pajak dengan indikasi tindak pidana. Empat treatment ini yang dilakukan DJP Sulselbartra dalam penguatan intensifikasi serta pengawasan yang terencana dan terarah berbasis kewilayahan dan sektoral. 

Halaman:

Editor: Sri Astuti

Sumber: Humas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x