Fenomena El Nino Menghantui, Dinas TPHP Sinjai Siapkan Langkah Antisipasi

- 8 Agustus 2023, 20:56 WIB
Ilustrasi. Fenomena el nino mengancam di musim kemarau.
Ilustrasi. Fenomena el nino mengancam di musim kemarau. /Pexels/James Frid/

JURNAL SINJAI – Musim kemarau mulai terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia. Fenomena el nino menjadi yang paling diwaspadai.

Berdasarkan informasi dari Badan Metereologi dan Geofisika (BMKG), fenomena el nino ini diprediksi terjadi mulai bulan Agustus hingga September 2023. Namun diperkirakan tidak terlalu ekstrim.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai melakukan berbagai strategi guna mengantisipasi risiko maupun dampak yang dapat diakibatkan fenomena el nino pada musim kemarau 2023 ini.

Baca Juga: MA Ganti Vonis Ferdy Sambo dari Hukuman Mati Jadi Penjara Seumur Hidup

Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) terus melakukan upaya-upaya dalam rangka menjaga produksi pertanian dan ketahanan pangan di Sinjai.

Kepala Dinas TPHP Sinjai H. Kamaruddin mengungkapkan, dampak el nino terkait musim kemarau akan berpengaruh terhadap kekeringan lahan pertanian.

Menurutnya, saat ini para petani di Sinjai sudah memasuki musim panen dan masih ada hujan yang turun. Ia berharap petani bisa segera panen sebelum el nino.

“Saat ini sudah ada petani kita yang panen di beberapa kecamatan, kecuali di Kecamatan Sinjai Barat dan Sinjai Borong tetapi di sana saya kira ada irigasi. Kita akan koordinasi dengan Dinas PU Pengairan Provinsi untuk memastikan ketersediaan air di sana,” jelas Kamaruddin, Selasa, 8 Agustus 2023.

Halaman:

Editor: Wahyu S

Sumber: sinjaikab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x