Pilot Batik Air yang Tidur Saat Menerbangkan Pesawat Dibebastugaskan

- 10 Maret 2024, 13:14 WIB
Ilustrasi - Pesawat Batik Air hendak lepas landas atau take off./ANTARA/HO-BKIP Kemenhub/am.
Ilustrasi - Pesawat Batik Air hendak lepas landas atau take off./ANTARA/HO-BKIP Kemenhub/am. /

JURNAL SINJAI - Pilot Batik Air yang tertidur selama 28 menit selama penerbangan Kendari-Jakarta dinonaktifkan atau dibebastugaskan sementara.

“Pada 26 Januari 2024, Batik Air mengambil tindakan preventif dengan menonaktifkan (membebastugaskan) sementara pilot penerbangan nomor ID-6723, rute Kendari ke Jakarta yang bertugas pada 25 Januari 2024,” kata Corporate Communiations Strategic of Batik Air Danang Mandala Prihantoro kepada ANTARA di Jakarta, Sabtu.

Menurut Danang, keputusan ini diambil perusahaan sebagai bentuk keseriusan perusahaan terhadap pentingnya aspek keselamatan serta menjalankan investigasi yang menyeluruh.

Baca Juga: Pilot Batik Air Tertidur Selama 28 Menit Ketika Mengudara pada Penerbangan Kendari-Jakarta

Batik Air menyatakan telah menerapkan kebijakan waktu istirahat yang memadai. Danang berujar perusahaan juga menekankan kembali pemahaman akan pentingnya memaksimalkan waktu istirahat bagi awak pesawat agar tetap dalam kondisi prima sebelum melaksanakan tugas terbang.

“Batik Air berkomitmen untuk selalu berkoordinasi dengan regulator, awak pesawat dan pihak-pihak terkait (berwenang) lainnya dalam meningkatkan standar keselamatan penerbangan,” ujar dia.

Danang mengatakan Batik Air juga bakal menerapkan rekomendasi keselamatan dari KNKT usai insiden tersebut.

Baca Juga: Daftar 50 Caleg Terpilih DPRD Kota Makassar Berdasarkan Rekapitulasi Suara Pemilu 2024

“Sebagai bagian dari upaya tersebut, Batik Air memperkuat program pembinaan dan meningkatkan prosedur keselamatan operasional penerbangan terhadap semua awak pesawat,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Sri Astuti

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x