Tekan Inflasi, Pemkab Sinjai Rutin Pantau Harga Kebutuhan Pokok di Pasaran

- 6 September 2022, 11:25 WIB
Ilustrasi. Cabai dan bawang merah menjadi komoditas penyebab tingginya angka inflasi.
Ilustrasi. Cabai dan bawang merah menjadi komoditas penyebab tingginya angka inflasi. /Pixabay

JURNAL SINJAI – Pemerintah Kabupaten Sinjai terus berupaya untuk menekan inflasi. Khususnya dalam menstabilkan harga dan menjaga ketersediaan kebutuhan pokok di pasaran.

Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam (SDA) Setdakab Sinjai A. Mandasini Saleh mengatakan salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan rutin melakukan pemantauan harga kebutuhan pokok di pasaran untuk memastikan harga tetap stabil dan stok barang tetap tersedia.

Ia mengakui bahwa komoditi cabai dan bawang masih menjadi komoditas yang kerap menjadi penyebab tingginya inflasi di daerah.

Baca Juga: Lewat One Day Trailer Adventure, Bupati Sinjai Perkenalkan Keindahan Alam Sinjai ke Ratusan Riders

“Dari hasil pantauan kita yang rutin tiap minggu melakukan pemantauan harga sembako, cabai dan bawang merah harganya masih normal, demikian juga stok di pasaran masih tersedia,” jelas Mandasini seperti dikutip dari lama resmi Pemkab Sinjai.

Selain itu, upaya lain yang dilakukan saat ini dengan menggalakkan menanam cabai di pekarangan rumah masing-masing melalui program Gertac Sehati (gerakan tanam cabai sehat tekan inflasi) yang digagas oleh Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Sinjai.

Kepala Dinas TPHP Sinjai H. Kamaruddin mengungkapkan bahwa cabai dan bawang ini sudah menjadi komoditas primadona bagi masyarakat. Bahkan menjadi perhatian nasional karena menjadi penyumbang inflasi tertinggi.

Ia pun mengajak seluruh masyarakat untuk melakukan gerakan menanam cabai di rumah. Hal ini bertujuan untuk menekan inflasi, yang salah satu penyebabnya adalah naiknya harga cabai merah.

Baca Juga: Terus Meningkat Setiap Tahun, Kasus HIV/AIDS di Sinjai Diperkirakan Kembali Naik Tahun Ini

Halaman:

Editor: Wahyu S

Sumber: sinjaikab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x