Alpukat yang Rendah Gula dan Manfaatnya dalam Menurunkan Berat Badan

- 13 April 2024, 06:30 WIB
Ilustrasi Buah Alpukat
Ilustrasi Buah Alpukat /FOTO: ANTARA/Pexels/Foodie Factor

JURNAL SINJAI - Alpukat merupakan buah yang banyak manfaatnya. Salah satunya jika dikonsumsi bisa menurunkan kadar gula darah hingga bisa menurunkan berat badan.

Hindustan Times melaporkan, Ahli Diet dan Konsultan Kesehatan Holistik Kavita Devgan mengatakan, alpukat memiliki indeks glikemik rendah. Artinya, buah ini tidak meningkatkan kadar gula darah.

"Hal ini menjadikannya makanan yang baik untuk dimasukkan ke dalam diet penderita diabetes juga. Kedua, alpukat bisa menjadi teman yang tepat untuk menurunkan berat badan," kata Kavita.

 Baca Juga: Hasil Latihan Bebas Pertama MotoGP COTA: Jorge Martin Pecahkan Rekor Lap

Alpukat merupakan makanan sehat dan lezat yang memberikan rasa kenyang yang tinggi. Kombinasi lemaknya yang baik, seratnya yang tinggi, dan rasanya yang lezat membantu kita kenyang lebih lama dan menghilangkan rasa lapar. 

Alpukat juga terbukti menjadi pengganti bahan-bahan berkalori tinggi yang lebih sehat dan lezat seperti mayones, keju, atau mentega karena alpukat menambahkan tekstur dan rasa yang kaya dan lembut pada hidangan tanpa mengorbankan kesehatan. 

Selain itu, buah yang bernama latin Persea Americana ini adalah sumber lemak baik vegetarian yang dapat membantu kesehatan jantung karena menjaga kadar kolesterol tetap terkendali.

 Baca Juga: Polisi di Makassar Patroli Cek Rumah Kosong yang Ditinggal Mudik Pemilik

"Alpukat sarat dengan MUFA (asam lemak tak jenuh tunggal) yang meningkatkan kesehatan dan baik untuk jantung kita. Ditambah lagi buah itu memiliki banyak potasium, mineral yang membantu mengatur tekanan darah dan juga menghasilkan folat, yang sekali lagi merupakan nutrisi kesehatan jantung yang luar biasa," tambahnya.

Halaman:

Editor: Sri Astuti

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah