Pasien Suspek Cacar Monyet di Sulsel jadi 2 Orang, Dinkes Imbau Masyarakat Jaga Protokol Kesehatan

- 25 Agustus 2022, 10:40 WIB
Ilustrasi. Pasien suspek cacar monyet atau monkeypox di Sulsel jadi dua orang.
Ilustrasi. Pasien suspek cacar monyet atau monkeypox di Sulsel jadi dua orang. /tangkapan layar YouTube /Kementerian Kesehatan RI

JURNAL SINJAI – Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulawesi Selatan menyebut total pasien suspek cacar monyet atau monkeyfox di Sulsel telah mencapai dua orang.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Sulsel, dr Erwan Tri Sulistyo mengatakan sesuai ciri-ciri cacar monyet, bahwa pasien mengalami demam, ruam-ruam di bagian tubuhnya sehingga dicurigai suspek cacar monyet.

Ia mengatakan jika pasien suspek pertama pernah memiliki riwayat perjalanan ke Jakarta satu pekan lalu, tidak demikian dengan pasien suspek cacar monyet kedua ini.

Baca Juga: Ibu Negara positif Terkena Covid-19 dan Alami Gejala Ringan

"Dia berasal dari Makassar yang usianya baru 20 tahun. Dia tidak pernah kemana-mana, namun penyakit yang dirasakannya punya ciri-ciri menyerupai cacar monyet," ujar Erwan seperti dikutip Jurnal Sinjai dari Antara, Kamis, 25 Agustus 2022.

Pengambilan sampel segera dilakukan oleh tenaga medis kemudian dikirim ke laboratorium Kementerian Kesehatan melalui BBLK (Balai Besar Laboratorium Kesehatan).

"Siang (24/8) tadi kami kirim sampelnya ke Jakarta, bersamaan dengan sampel pasien suspek pertama. Dimungkinkan sampai besok pagi dan siangnya akan diperiksa di lab Kemenkes. Dua hari setelahnya hasilnya baru bisa diketahui," katanya.

Saat ini Dinkes Sulsel tengah melakukan pengamatan terhadap pasien dan keluarga.

Baca Juga: KPK Periksa Aset Pemerintah yang Dikelola Perseroda Sulsel

Halaman:

Editor: Wahyu S

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x