Pemkot Makassar Alokasikan Rp139 Miliar Anggaran untuk Pemasangan 500 Panel Surya

- 21 Maret 2024, 12:04 WIB
Ilustrasi. Pemkot Makassar Alokasikan Rp139 Miliar Anggaran untuk Pemasangan 500 Panel Surya
Ilustrasi. Pemkot Makassar Alokasikan Rp139 Miliar Anggaran untuk Pemasangan 500 Panel Surya /freepik

JURNAL SINJAI - Pemerintah Kota Makassar menunjukkan komitmennya dalam mewujudkan kota rendah karbon dengan mengalokasikan anggaran Rp139 miliar untuk pemasangan panel surya di seluruh SD, SMP, dan kantor kelurahan dan kecamatan.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, menjelaskan bahwa langkah ini merupakan bagian dari program "low carbon" yang bertujuan untuk mengurangi emisi karbon di kota.

500 titik akan dipasangi panel surya dengan anggaran Rp278 juta per titik. Danny Pomanto, sapaan akrab Ramdhan Pomanto, optimis bahwa program ini akan membawa manfaat besar bagi kota Makassar.

Baca Juga: Suara Partai Tak Tembus 4 Persen, PPP Siap Menggugat KPU RI

“Anggaran untuk pemasangan dalam satu titik itu Rp278 juta dan jika dikalikan 500 itu nilainya sekitar Rp139 miliaran. Biasanya itu kalau beli banyak murah," katanya.

Danny saat memaparkan beberapa program rendah karbon kepada perwakilan USAID Clean Cities Blue Ocea mengatakan, sudah banyak program Pemkot Makassar untuk mendukung kota dengan rendah karbon itu.

Ia menyebutkan baru-baru ini pihaknya meminta seluruh camat agar memasukkan data potensi retribusi sampah di wilayah masing-masing.

Ia menyatakan ingin menata ulang manajemen persampahan Kota Makassar. Retribusi sampah untuk kategori bisnis dan industri harus mendapat intervensi karena potensi cukup besar dibandingkan dengan sampah kategori rumah tangga.

Baca Juga: Kabar Gembira! Pemprov Sulsel Terima 12.662 Kuota ASN dan PPPK 2024

Halaman:

Editor: Wahyu S

Sumber: ANTARA


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x