173 Pinjol Ilegal dan 129 Konten Pinpri Diblokir Satgas PASTI Selama Periode September-Oktober 2023

- 14 November 2023, 12:29 WIB
Ilustrasi. 173 Pinjol Ilegal dan 129 Konten Pinpri Diblokir Satgas PASTI Selama Periode September-Oktober 2023  JURNAL SINJAI – Sebanyak 173 entitas pinjaman online (pinjol) ilegal kembali diblokir
Ilustrasi. 173 Pinjol Ilegal dan 129 Konten Pinpri Diblokir Satgas PASTI Selama Periode September-Oktober 2023 JURNAL SINJAI – Sebanyak 173 entitas pinjaman online (pinjol) ilegal kembali diblokir /ANTARA/Aditya Pradana Putra

JURNAL SINJAI – Sebanyak 173 entitas pinjaman online (pinjol) ilegal kembali diblokir oleh Satuan Tugas Pemberantasan Aktivitas Keuangan Ilegal (Satgas PASTI) selama periode September-Oktober 2023.

Selain itu juga ditemukan 129 konten terkait pinjaman pribadi (pinpri) yang berpotensi melanggar ketentuan penyebaran data pribadi.

Selain memblokir entitas pinjol ilegal dan pinpri, Satgas PASTI juga melakukan pemblokiran nomer rekening, nomer virtual account dan nomer telepon serta whatsapp terduga pelakunya, untuk semakin melindungi masyarakat.

Baca Juga: Kasus Naik ke Tahap Penyelidikan, KPPU Tetapkan 44 Perusahaan Pinjol Sebagai Terlapor

Secara keseluruhan, sejak 2017 hingga 31 Oktober 2023, Satgas yang dulunya bernama Waspada Investasi ini telah menghentikan 7.502 entitas keuangan ilegal yang terdiri dari 1.196 entitas investasi ilegal, 6.055 entitas pinjaman online ilegal/pinpri, dan 251 entitas gadai ilegal.

Satgas PASTI kembali mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati, waspada dan tidak menggunakan pinjaman online ilegal maupun pinjaman pribadi karena berpotensi merugikan masyarakat termasuk risiko penyalahgunaan data pribadi peminjam.

Satgas PASTI saat ini terdiri dari 14 pihak dari otoritas, kementerian, dan lembaga terkait, yang merupakan forum koordinasi untuk melaksanakan amanat Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU P2SK).

Satgas PASTI bertugas untuk mencegah dan menangani kegiatan usaha tanpa izin di sektor keuangan. 

Pemblokiran Rekening Bank dan Kontak Pelaku

Baca Juga: OJK Panggil AdaKami Klarifikasi Terkait Nasabah Pinjol yang Bunuh Diri, Perintahkan Investigasi yang Mendalam

Halaman:

Editor: Wahyu S


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x